Breaking News

Cara Cek Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Berikut cara mencari sertifikat vaksin yang mudah dan cepat dilakukan.

Selama lebih dari setahun, pandemi Covid-19 melanda Indonesia, melumpuhkan hampir setiap poros kehidupan. Tidak hanya di bidang kesehatan, tetapi juga di bidang ekonomi, pendidikan dan sosial lainnya. Sehingga menimbulkan kerugian nominal yang cukup besar.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan beberapa solusi agar masyarakat Indonesia dapat memantau pergerakannya. Pemantauan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 begitu cepat. Untuk memantau ini, sistem perawatan digital dibentuk untuk melindunginya.

Meluncurkan situs Pedulilindungi.id, aplikasi ini merupakan pelacak Covid-19 yang resmi digunakan untuk pelacakan kontak digital di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Panitia Penanganan Covid-19 dan Kementerian Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Sebelum dirilis, aplikasi tersebut bernama TraceTogether, namun diubah namanya menjadi PeduliLindung karena dianggap mirip dengan aplikasi contact tracing Singapura.

Fungsi perlindungan perawatan

Pada awal peluncuran, aplikasi menjadi pelacakan kontak digital. Dalam prosesnya, PeduliProtect menggunakan fungsi GPS dari ponsel Anda untuk melacak keberadaan Anda. Setiap ponsel pengguna bertukar ID anonim dan menyimpan data selama 14 hari jika mereka berada dalam jangkauan GPS yang sama.

Tindak lanjut ini membantu untuk menentukan apakah seseorang memiliki kontak dekat dengan kasus yang mencurigakan, untuk dikonfirmasi, dan untuk mengetahui apakah mereka melakukan kontak dekat. [5] Selain itu, tracking ini juga dapat memberi tahu pengguna saat berada di zona merah atau hijau, beserta data kasus Covid-19 di lokasi tersebut.

TRENDING:  7 Rekomendasi Aplikasi Terbaik Pengunci Smartphone

PeduliLindung juga menyediakan fungsi layanan konsultasi dokter jarak jauh. Ini juga dikenal sebagai teledokter. Fitur ini bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan kesehatan seperti Halodoc, Telkomedika, Good Doctor, Prosehat dan banyak aplikasi digital lainnya. Fitur ini dapat digunakan oleh orang-orang yang sedang mengalami gejala atau yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Anda juga dapat mendaftarkan vaksinasi Anda dan mengunduh sertifikat vaksinasi Anda melalui aplikasi ini. Sertifikat vaksinasi dapat diunduh 1-3 hari setelah vaksinasi. Namun, data vaksinasi mungkin tidak disertakan dalam aplikasi sampai saat itu, sehingga masyarakat umum harus menghubungi kontak PeduliLindung melalui email atau kontak lain yang tersedia.

Cara cek sartifikat vaksin melalui aplikasi peduli lindungi

Aplikasi ini dibuat untuk memantau pergerakan masyarakat di Indonesia. Aplikasi ini juga akan membagikan sertifikat vaksin. Berikut caranya:

  1. Kunjungi situs https://www.pedulilindungi.id
  2. Kemudian tekan tombol login/registrasi. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda dapat masuk dengan alamat email atau nomor registrasi Anda. Kemudian centang kotak dan klik tombol Enter.
  3. Untuk alasan keamanan, fitur ini dapat diakses melalui nomor telepon, sehingga akan dimasukkan one-time password.
  4. Jika Anda belum memiliki akun, tekan [Daftar]. Kemudian masukkan nama dan alamat email atau nomor telepon Anda. Centang kolom di kotak dan klik Daftar.

Kemudian pergi ke halaman depan situs web. Untuk memverifikasi sertifikat Anda, lihat:

  1. Klik tombol nama akun di kanan atas layar.
  2. Kemudian tekan menu sertifikat vaksin.
  3. Ketuk nama pengguna Anda.
  4. Jumlah sertifikat vaksin akan ditampilkan sesuai dengan dosis yang diterima. Sertifikat tersebut berisi data seperti nama, NIK, dll sampai dengan tanggal vaksinasi.
  5. Untuk mengunduh sertifikat, klik file yang diinginkan.
  6. Tekan tombol Unduh Sertifikat.
  7. Saat muncul kotak notifikasi penyimpanan file, klik Yes dan Continue.
  8. Setelah pengunduhan selesai, Anda akan dapat melihat sertifikat vaksin Anda.
TRENDING:  Cara download video tiktok tanpa watermark tanpa aplikasi

Saat ini, ¬†Pemerintah bekerjasama dengan beberapa perusahaan digital agar dapat menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk memverifikasi sertifikat vaksin. Dari hasil kerjasama ini, sertifikat vaksin juga dapat dilihat pada aplikasi umum. Diantaranya merupakan, Grab, Tokopedia, Tiket, DANA, Livin’by Mandiri, Cinema XXI, LinkAja, Goers, JAKI, Shopee, Loket, BNI Mobile, Traveloka, MCash.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *