Penting Untuk Pemula Wajib Ketahui Istilah Ini Dalam Kripto

Bagi sebagian orang, mengidentifikasi kendaraan investasi dan menghitung perkiraan keuntungan sebelum memulai investasi adalah wajib. Kebanyakan dari mereka hanya fokus pada cara kerja investasi yang dipilih. Ada hal lain yang tidak boleh dilewatkan oleh investor, terutama pemula, yaitu aturan investasi.

Salah satu kendaraan investasi yang saat ini populer di masyarakat adalah berinvestasi dalam aset kripto. Uang digital virtual ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran, tetapi juga memiliki nilai guna sebagai aset. Nilai kripto yang cenderung naik dan terus berkembang membuatnya menarik bagi investor.

Namun, sebelum memasuki dunia kripto, calon investor perlu mengetahui dan memahami istilah-istilah yang digunakan, yang sering dijumpai di dunia kripto. Mengetahui istilah-istilah yang ada di crypto memudahkan investor dalam memproses transaksi uang crypto dan tentunya menghasilkan uang yang banyak.

Konsep dasar

Cryptocurrency: mata uang digital yang diproses dengan enkripsi kriptografi dan terdesentralisasi.

Alamat: Crypto-Coin diidentifikasi di blockchain dengan alamat unik. Sederhananya, blockchain adalah sinyal GPS dan alamat kripto Anda adalah alamat tujuan. Tanpa alamat, koin Anda tidak akan disimpan dan blockchain tidak dapat diverifikasi.

Bitcoin: Koin pertama dalam cryptocurrency dengan nama kode BTC.

Altcoin: nama untuk crypto-coin selain Bitcoin. Dengan kata lain, Altcoin adalah koin baru setelah Bitcoin, seperti Etherum.

Blockchain: buku besar digital yang menyimpan semua transaksi yang pernah dilakukan dalam mata uang kripto tertentu. Beberapa blockchain memiliki jumlah blok yang terbatas. Ketika sebuah blok telah mencapai kapasitasnya, sebuah blok baru akan muncul.

dApps: aplikasi terdesentralisasi berbasis blockchain dengan tujuan untuk digunakan di dunia nyata. DApps ini adalah open source.

TRENDING:  Gratis Modal Trading Forex Tanpa Deposit 2021

Fiat: Mata uang yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah oleh pemerintah. Ia tidak memiliki nilai intrinsik seperti emas dan perak. Dan peredarannya diatur oleh pemerintah melalui bank sentral.

Penawaran Koin Awal: Sama seperti IPO (Penawaran Umum Perdana) di saham, ICO adalah metode baru untuk proyek start-up dan start-up untuk mendapatkan dana dari koin mereka.

Penambangan: Penambangan, juga dikenal sebagai penambangan, adalah istilah yang juga perlu diketahui investor. Penambangan adalah proses verifikasi transaksi baru di blockchain.

Kunci Pribadi: Sifat kripto yang terenkripsi dan rahasia memastikan bahwa pengguna tetap anonim. Oleh karena itu, ketika melakukan transaksi kripto, Anda diberikan kunci pribadi, yang juga dikenal sebagai kunci pribadi, yang berisi kombinasi angka dan huruf yang tidak boleh dibagikan kepada siapa pun.

Dompet: dompet digital untuk menyimpan koin kripto Anda. Dompet harus berisi biji koin, kunci, dan alamat agar berfungsi dengan baik. Dompet digital bisa berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Kapitalisasi pasar: Kapitalisasi pasar atau kapitalisasi pasar dalam kripto mengacu pada nilai total semua koin yang ditambang. Perhitungannya sangat sederhana dengan mengalikan jumlah koin saat ini dengan nilai koin saat ini.

Perdagangan: Beli dan jual aset kripto.

Trader: orang yang berdagang.

Exchanger: tempat atau pasar bagi para pedagang untuk membeli dan menjual cryptocurrency.

Istilah di pasar

Fee : biaya yang berlaku untuk transaksi.

Tawaran: nilai penjualan mata uang koin tertentu.

Tanyakan: nilai pembelian mata uang koin tertentu.

Withdrawal (WD): Proses penarikan cryptocurrency yang Anda miliki di tabungan Anda yang ditransfer ke rekening bank yang dikonversi ke rupiah.

Deposit: tambahan dana atau saldo baik dalam mata uang rupiah maupun mata uang koin yang digunakan untuk memproses transaksi kripto.

TRENDING:  PT Indofood CBP Bagi Dividen Rp2,5 Triliun, Cek Jadwalnya

Rendah: harga batas bawah mata uang.

Tinggi: harga batas atas mata uang.

Volume (Vol): jumlah total barang yang diperdagangkan di pasar ini.

Istilah komersial

Beli: beli koin.

Jual: Jual koin.

Arbitrase: perubahan lokasi pertukaran.

Pump and Dump: Umumnya digunakan untuk menggambarkan strategi yang diikuti oleh investor saat memperdagangkan cryptocurrency. Yaitu dengan memberikan pendapat atau analisa terhadap koin tertentu yang dapat mempengaruhi harga koin tersebut. Seperti Elon Musk.

Cut Loss: Menjual koin yang kalah dengan harga rendah untuk mengantisipasi kerugian yang besar.

Chart: grafik pergerakan harga koin.

Terminologi di kalangan pedagang Indonesia

Saat memperkenalkan Steemit, berikut adalah beberapa istilah yang digunakan oleh para pedagang crypto Indonesia:

Cukong: Pedagang dengan modal besar.

Newbitol: Pemain baru atau pemula di dunia trading.

Kawanan: seseorang atau kelompok yang diyakini dapat mempengaruhi pedagang lain untuk menjual atau membeli koin yang dibuat di komunitas mereka.

Thrush: istilah untuk tanah longsor, juga dikenal sebagai mata uang yang jatuh.

Panic: Orang yang mudah terpengaruh oleh perubahan harga koin dan cepat menjual atau membeli koin untuk keuntungan yang lebih besar.

Stuck: Koin yang belum terjual karena nilai jualnya lebih rendah dari nilai saat koin dibeli.

Tahan: Pegang koin kripto yang dipegang dengan tidak menjualnya.

Opit/uang: keuntungan yang didapat.

Ping-Pong: Beli koin saat harga rendah dan jika ada momen pergerakan yang mengindikasikan kenaikan, dealer akan menjualnya.

Sideways: Istilah yang digunakan untuk menggambarkan harga koin yang cenderung stagnan dalam jangka waktu yang lama dan tidak menunjukkan tren naik atau turun untuk beberapa waktu.

Apakah Anda sekarang memahami istilah-istilah yang sering ditemui di dunia crypto? Apakah Anda siap untuk menjelajahi dunia kripto?