Sejarah Panjang Tentang Cryptocurrency di Indonesia & Dunia

Dalam perjalanannya, dunia kini terbagi menjadi dua bagian: dunia nyata dan dunia maya. Padahal, selama dua dekade terakhir, kehidupan manusia sebagian besar berada di dunia maya.

Fenomena ini tentu menjadi persiapan bagi para ilmuwan teknologi untuk memanfaatkan celah ini. Jaringan internet berkembang dengan kecepatan yang memungkinkan dan didukung oleh elektronik yang tepat, dan orang-orang berbondong-bondong untuk memanfaatkannya. Harus diingat bahwa seiring dengan keunggulan teknologi Internet, mata uang digital cryptocurrency juga muncul.

Perkembangan cryptocurrency yang terus menunjukkan popularitasnya membuat orang bertanya-tanya, bagaimana sejarah mereka menjadi uang digital yang sangat dicari?

Sejarah mata uang digital

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa cryptocurrency adalah konsep baru di dunia digital yang baru ditemukan dalam satu dekade terakhir. Namun pada kenyataannya, cryptocurrency telah diperkenalkan sejak tahun 1983.

Software Guild mengatakan mata uang digital pertama kali diperkenalkan oleh seorang kriptografer bernama David Chaum. David mengembangkan sistem enkripsi dalam mata uang digital pertamanya yang disebut eCash.

Pada tahun 1995, David mengembangkan DigiCash sebagai sistem lain untuk melakukan transaksi ekonomi rahasia menggunakan kriptografi.

DigiCash bersifat rahasia, anonim dan berjalan di jaringan publik, yang nantinya akan menjadi dasar untuk transaksi cryptocurrency.

Hingga tahun 1998, Wei Dai memperkenalkan ide dan terminologi cryptocurrency untuk pertama kalinya. Tujuan Wei Dai adalah mengembangkan metode pembayaran yang menggunakan sistem kriptografi dengan ciri utama desentralisasi.

Cryptocurrency pertama

Krisis ekonomi yang melanda dunia pada tahun 2008, bahkan negara adidaya Amerika, merasakan krisis dan menyebabkan bencana ekonomi yang begitu besar. Saat itu, nilai emas dan koin turun tajam. Satoshi Nakamoto, yang identitasnya masih dirahasiakan, menciptakan cryptocurrency pertama yang disebut Bitcoin pada akhir 2008.

TRENDING:  5 Langkah Belajar Trading Online Untuk Pemula

Nakamoto telah merilis buku putih berjudul “Bitcoin: Sistem Uang Elektronik Peer-to-Peer”.

Buku putih melakukan transaksi pertamanya dengan Bitcoin, menyebutkan ide, visi, misi jaringan blockchain Bitcoin, dan potensi cryptocurrency di tengah krisis global.

Melihat lebih dalam, Nakamoto bukanlah orang pertama yang memiliki ide ini. Dia memperkenalkan Bitcoin dan mencoba memperkenalkan kepada publik bahwa ada jenis uang non-konvensional lainnya yang tentunya bisa digunakan untuk trading.

Tidak hanya itu, Satoshi Nakamoto juga menemukan database blockchain yang digunakan di sebagian besar transaksi cryptocurrency hingga saat ini.

Kurang dari dua tahun setelah Bitcoin dan blockchain pertama diperdagangkan, pembuat kode dan pengembang berbondong-bondong ke penelitian blockchain.

Mereka bekerja tidak hanya untuk meningkatkan transaksi blockchain, tetapi juga untuk mengembangkan platform cryptocurrency baru lainnya.

Meski sempat turun pada pertengahan 2010, nilai Bitcoin melonjak hingga $10.000 pada November 2017. Forum di jejaring sosial yang secara aktif mendukung Bitcoin telah semakin memperkuat Bitcoin di dunia cryptocurrency.

Sejarah kriptografi indonesia

Dalam sejarahnya, cryptocurrency telah ada di Indonesia, dimulai dengan keberadaan Bitcoin pada awal tahun 2013.

Mengutip Zipmex, cryptocurrency masuk ke Indonesia melalui tiga bursa yang menyediakan platform bagi pengguna untuk membeli dan menjual Bitcoin.

Saklar bertindak sebagai pihak ketiga yang menyediakan sistem over-the-counter (OTC). Dalam transaksi ini, pengguna dikenakan PPN 10% dan pembagian harga.

Transaksi di luar bursa dilakukan melalui mediasi wisatawan asing yang berkunjung ke Bali. Selama kunjungannya, banyak turis yang membawa Bitcoin dan menukarnya dengan rupiah di money changer tertentu. Beberapa vila menerima pembayaran Bitcoin.

Selain itu, proses penetrasi Bitcoin ke Indonesia dilakukan melalui beberapa komunitas. Bitcoin awalnya ditawarkan sebagai voucher dan hadiah untuk tugas yang dilakukan di situs web tertentu.

TRENDING:  Ini Dia 7 Alasan Investasi Pada Aset Kripto Sangat Digemari

Hingga tahun 2017, Bitcoin mulai booming di Indonesia dan banyak orang berbondong-bondong untuk memilikinya.

Nilainya yang terus meningkat menarik investor untuk mengubah Bitcoin menjadi aset investasi.